INFO 1 : Segera Lakukan Pembelian Mobil Toyota Impian anda sekarang Juga !!! INFO 2 : Bonus melimpah untuk pembelian di hari ini juga !!!
Menu
Model
Beranda » Artikel » Sejarah Toyota di Indonesia

Sejarah Toyota di Indonesia

Dipublish pada 15 January 2020 | Dilihat sebanyak 102 kali | Kategori: Artikel

Toyota Pekanbaru – Toyota Astra Motor merupakan salah satu perusahaan mobil yang terbesar di Indonesia dan biasa disingkat dengan nama TAM. Perusahaan ini bermarkas di Tokyo, Jepang dan didirikan pada 28 Agustus 1937. Awal mula dari perusahaan ini adalah pembuat mesin jahit yang didirikan oleh Sakichi Toyoda yang merupakan ayah dari Kiichiro Toyoda. Sebelum ayah dari Kiichiro Toyoda wafat, beliau berpesan kepada Kiichiro Toyoda untuk melanjutkan usaha bisnisnya. Tetapi, Kiichiro Toyoda lebih berminat dengan industri otomotif. Karena pada saat itu Jepang belum banyak perusahaan otomotif keputusan Kiichiro Toyoda memiliki banyak resiko. Maka dari itu, Kiichiro Toyoda pergi ke Eropa dan Amerika Serikat untuk mempelajari tentang pengembangan industri otomotif.

Sepulangnya dari negara asing, Kiichiro Toyoda sudah mulai mendirikan Toyoda Motor Company yang merupakan anak perusahaan dari Toyoda Automatic Loom Works. Toyota juga terlibat selama Perang Dunia II dalam hal memproduksi kendaraan militer yang tahan banting. Dan dari situlah Toyota dikenal dengan merek kendaraan yang andal, hemat bahan bakar, serta termasuk kendaraan yang biaya renda namun kualitas tinggi. Walaupun Kiichiro Toyoda sudah wafat pada tahun 1952, perusahaan ini sudah menjadi produsen mobil di berbagai belahan dunia dan termasuk Indonesia sampai sekarang.

Produsen pertama membuat mobil di Indonesia yaitu General Motor (GM) di Tanjung Priok yang didirikan pada tahun 1920. Pada saat awal kemerdekaan Indonesia membuat situasi tak menentu dan membuat kerja pabrik terhentikan. Setelah Konferensi Meja Bundar yang ditandatangani oleh Belanda, Belanda akhirnya menyerahkan kedaulatannya ke Indonesia. Namun industri otomotif masih terganggu termasuk GM. Kemudian, pemerintah mengakuisisi perusahaan hidup lagi pada tahun 1970 dan mengeluarkan regulasi yang isinya mengharuskan perusahaan tersebut didirikan agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang disambut oleh Toyota Astra Motor serta didirikannya  ATPM Toyota dengan PT Toyota Astra Motor di Indonesia.

Kendaraan mobil Toyota pertama di Indonesia

Pada tahun 1977 Toyota diciptakan dan pada tahun 1975 diperkenalkan pertama kali di acara Pekan Raya Jakarta. Pada saat pertama kali diperkenalkan atau tepatnya pada saat acara Pekan Raya Jakarta itu disaksikan langsung oleh Presiden kedua Indonesia yaitu Pak Harto. Kijang merupakan singkatan dari Kerjasama Indonesia Jepang serta merupakan salah satu hewan yang gesit sesuai dengan konsep dan tujuan dibuatkannya.

Toyota Kijang memiliki beberapa generasi dan salah satunya yang diatas adalah Toyota Kijang generasi yang pertama. Toyota Kijang generasi kedua memiliki model yang tidak jauh beda dari Toyota Kijang generasi pertama. Toyota Kijang generasi ini diproduksi dan dijual pada tahun yang sama yaitu pada tahun 1981. Toyota Kijang generasi ketiga memiliki model desain yang lebih modern dengan teknologi Full Presed Body. Toyota Kijang generasi ketiga diproduksi dan dijual pertama kali pada tahun 1986 dan sampai sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang masih menggunakan mobil jenis ini. Sudah terbukti seberapa handalnya mobil Toyota ini.

Toyota Kijang generasi keempat merupakan keluaran Toyota yang bervarian diesel dan diproduksi dan dijual pertama kali pada tahun 1997. Toyota Kijang generasi kelima diproduksi dan dijual pertama kali pada tahun 2004. Tetapi, Toyota Kijang generasi kelima ini menambah nama menjadi ‘Toyota Kijang Innova’. Toyota Kijang generasi kelima ini merupakan Toyota yang sudah berinovasi dengan teknologi yang lebih canggih dari Toyota Kijang generasi lainnya. Toyota Kijang generasi kelima ini juga sudah mengalami 3 kali perubahan fisik atau penampilan yaitu pada tahun 2009, 2011, dan 2013. Toyota Kijang generasi keenam merupakan Toyota yang berinovasi dengan mesin serta fitur yang lebih canggih. Dan Toyota generasi ini sudah bertema ‘The legend Reborn’.

Di Indonesia, Toyota Kijang generasi kelima ini sudah banyak mengekspor ke luar negeri. Adapun beberapa jenis mobil Toyota yang dijual oleh distributor Indonesia yaitu :

  • Kendaraan penumpang berjenis MPV (Kijang Innova, Kijang Avanza, Alphard, dan lain sebagainya)
  • Kendaraan penumpang jenis SUV (Fortuner, Rush, dan lain sebagainya)
  • Mobil sedan (Yaris, Agya, dan lain sebagainya)
  • Mobil sport (86, GR supra)
  • Mobil truk dan kendaraan Niaga (Hilux, Kijang Pickup, dan lain sebagainya). (Mawarni)
Bagikan

Belum ada komentar

Artikel Menarik Lainnya
Mobil Avanza Bekas

Tips Membeli Mobil Avanza Bekas

Dipublish pada 10 January 2020 | Dilihat sebanyak 151 kali | Kategori: Artikel

Toyota Pekanbaru – Ketika anda ingin membeli barang baru atau bekas,sebaiknya perhatikan kelayakan barang atau produk tersebut. Layak pakai atau tidak, dengan itu kita tau kualitas barang tersebut bahwa barang tersebut masih terjamin layak pakai. Oleh sebaba itu, kita harus... selengkapnya

Tips Sewa Mobil Untuk Pergi Liburan

Tips Sewa Mobil Untuk Pergi Liburan

Dipublish pada 10 January 2020 | Dilihat sebanyak 68 kali | Kategori: Artikel

Toyota Pekanbaru – Saat akan pergi berlibur atau mungkin hanya jalan-jalan, bahkan ingin pulang ke kampung tersayang. Kita tentunya harus selalu siap sedia baik siap dalam hal keuangan, peralatan dan perlengkapan lainnya dan tentunya yang paling utama ialah masalah atau... selengkapnya

Mengapa Toyota Lebih Mahal dari Daihatsu

Mengapa Toyota Lebih Mahal dari Daihatsu

Dipublish pada 18 January 2020 | Dilihat sebanyak 67 kali | Kategori: Artikel

Toyota Pekanbaru – Toyota dan Daihatsu memang mempunyai model yang sama namun ada bedanya juga yaitu merek dan nama yang diberikan pada mobil tersebut contohnya seperti mobil Avanza dan merek-merek lainnya (Rush Agya, Calya, Xenia, Sigra, dan Ayla). Dengan demikian... selengkapnya